Tentang Aku

Tahun 1978 lalu, aku dilahirkan di Makassar melalui sebuah pengorbanan yang besar dan tulus dari seorang ibu. Aku dibesarkan, dirawat, disekolahkan, hingga bisa mencapai pendidikan yang menurutku sudah cukup tinggi saat ini meskipun keinginan untuk lebih tinggi lagi selalu ada. Namun, ketidakmampuan ekonomi ditambah harus segera mencari pekerjaan untuk menghidupi diri dan melepas ketergantungan, membuat aku harus segera mencari kerja. Setelah tamat STM jurusan automotif tahun 1997, Alhamdullillah, saya langsung diterima kerja di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang automotif. Aku sangat menikmati pekerjaan ini hingga aku dapat bekerja selama delapan tahun di tempat itu. Kepada pimpinanku, aku sangat berterimakasih banyak. Bulan-bulan pertama bekerja aku sudah memutuskan untuk langsung bekerja saja dan tidak perlu kuliah. 

Tetapi, keinginan untuk berusaha dan mencari pengetahuan baru terus menggodaku sehingga akhirnya kuputuskan untuk ikut UMPTN. Aku termasuk nyeleneh dalam mengambil jurusan. Karena ketertarikan pada ilmu pengetahuan alam dan ilmu yang berhubungan dengan kimia, aku mencoba mengabil jurusan Kimia. Sayang, kenekatanku ini tanpa dibarengi usaha yang maksimal. Hasilnya, tentu saja tidak lulus di salah satu perguruan tinggi negeri di Makassar.

Usahaku tidak kandas di tengah jalan. Aku mendapatkan informasi , di sebuah perguruan tinggi swasta  mahasiswanya bisa bekerja sambil kuliah. Aku lalu mencoba mendaftar di perguruan tinggi yang bernama Universitas Veteran Republik Indonesia. Aku tertarik dengan jurusan Teknik Pertambangan karena tantangan keilmuannya cukup berat dan merupakan satu-satunya jurusan pertambangan di Indonesia Timur. Jalan yang membuatku terseok-seok sering aku temui dalam pertarungan selama lima tahun menyelesaikan kuliah. Aku bahkan sempat memutuskan untuk berhenti kuliah karena tidak mampu membagi waktu antara kerja dan kuliah. Aku harus membiayai sendiri kuliahku. Ketergantungan dengan orang tua dan saudara harus aku lepas.

Akhirnya aku menyelesaikan kuliahku setelah berhasil mempertahankan skripsi yang mengambil tema Perencanaan Tambang di Tambang Terbuka PT KItadin, Kalimantan Timur. Setelah menyelesaikan kuliah, aku sempat menangani beberapa proyek survei pembukaan tambang sambil tetap bekerja di perusahaan otomotif yang telah membantuku menyelesaikan kuliah dengan sistem paruh waktu. Terima Kasih boz,    aku tidak dapat melupakan jasamu, yang telah memberiku pinjaman ketika aku betul-betul membutuhkan untuk bayar uang kuliah dan kebutuhan kuliah lainnya.

Aku mempunyai sifat cepat bosan pada satu kondisi. Sebelum aku menyelesaikan kuliahku, aku sebenarnya sempat berpikir untuk transfer ke jurusan komunikasi dengan program konsentrasi jurnalistik. Tetapi pada saat itu, aku baru tahu bahwa biayana juga cukup mahal. Keinginan ini harus aku pendam selama beberapa tahun.

Sekitar tiga tahun aku menyelesaikan kuliah dan bekerja, aku menggali kembali keinginan menekuni dunia jurnalistik yang pernah aku pendam. Aku lalu mengikuti diklat jurnalistik. Setelah magang, aku lalu bergabung di salah satu perusahaan penerbitan pers hingga saat ini. Dunia ini menawarkanku untuk memilih materi atau idealisme dan integritas sekaligus kadang pada saat yang bersamaan meskipun alkhirnya harus aku memilih salah satunya untuk tetap mempertahankan karir jurnalistikku. Dan sampai saat ini aku masih tetap bekerja sebagai jurnalis. Untuk saat ini, demikian dulu sekelumit cerita tentang aku.

Wassalam

Arya Fatta

Januari 2008

2 thoughts on “Tentang Aku

  1. Patner saya mau bermitra dengan ilmu pertambangan mu utamanya tambang terbuka, saya salut dengan anda punya riwayat pendidikan, nanti kita berbagi pengalaman pertambangan walapun saya seorang teknik sipil

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s