pendidikan

Anggaran Pendidikan Setengah Hati

Anggaran Pendidikan Pemprov Setengah Hati

NIAT Pemprov Sulbar mengalokasikan dana pendidikan sebesar 20 persen pada APBD 2009 masih mendapat sorotan. Pengalokasian anggaran pendidikan itu dinilai tidak maksimal atau setengah hati.

Wakil Ketua DPRD Sulbar, Arifin Nurdin mengemukakan, jika pemprov benar-benar ingin meningkatkan mutu pendidikan, maka anggaran 20 persen itu hanya dialokasikan untuk Dinas Pendidikan. “Bukan malah dibagi-bagi ke banyak dinas,” katanya, Kamis, 4 September.

Apalagi, jika anggaran pendidikan yang dimaksud itu hanya digunakan untuk membiayai pendidikan dan pelatihan para pejabat atau PNS di masing-masing instansi. Ini merupakan program pengembangan masing-masing dinas.

Anggaran pendidikan 20 persen dari APBD itu seharusnya digunakan untuk meningkatan mutu pendidikan mulai tingkat SD hingga perguruan tinggi. Dana ini juga digunakan untuk perbaikan dan peningkatan sarana dan prasarana sekolah di Sulbar yang masih minim.

“Pendidikan salah satu strong poin pembangunan Pemprov Sulbar. Jadi kita tidak boleh menghindar dari pengalokasian anggaran itu. Jangan hanya seolah-olah mengalokasikan anggaran besar, tetapi pada dasarnya tidak,” ujarnya.

Kesulitan terhadap keterbatasan anggaran dapat ditutupi salah satunya dengan subsidi silang. Biaya birokasi yang menelan anggaran terbesar harus dihemat dan dialihkan untuk membiayai program peningkatan mutu pendidikan.

Dana pendidikan seharusnya murni dialokasikan ke Dinas Pendidikan dan tidak boleh disebar ke dinas lain. Program dinas yang berkomitmen memperbaiki mutu pendidikan itu harus dicermati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s