pendidikan

Dana Bos Buku Belum Cair

Meskipun tahun ajaran baru sekolah telah dimulai, dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk pengadaan buku belum juga cair. Akibatnya, pembelian buku penujang belum dapat dilakukan.

Kepala Sekolah SD 1 Unggulan Mamuju, Saharuddin mengatakan, dana BOS buku juga jumlahnya cukup kecil. Setahun, sekolah hanya mendapat dana sebesar Rp22 ribu/siswa. Buku yang dapat dibeli dengan dana sebesar itu hanya satu buah.

Pada pencairan dana pertama dan kedua, sekolah yang telah bertaraf internasional itu hanya membeli buku pelajaran bidang studi Matematika dan Bahasa Indonesia. “Kami belum mengetahui apakah dana BOS buku cair tahun ini,” katanya, Senin, 21 Juli.

Kualitas buku yang dapat dibeli dengan dana Rp22 ribu/siswa, kata dia, juga jauh berbeda dengan buku yang umumnya beredar. Agar pelajaran terserap dengan baik, para murid dibagikan brosur buku pelajaran dari penerbit untuk dibeli sesuai kemampuan.

“Tidak ada pemaksaan bagi orang tua siswa untuk membeli semua buku. Kalau orang tua murid hanya sanggup membeli tiga buku, silakan membeli. Kami hanya membagikan brosur karena ada penerbit yang datang menawarkan. Jadi bukan dari sekolah,” bebernya.

Beberapa orang tua murid yang anaknya duduk di bangku kelas satu di sekolah unggulan itu, mengaku mengeluarkan dana Rp270 ribu untuk membeli tujuh macam buku teks dari salah satu penerbit. Beberapa murid yang duduk di bangku kelas lima telah membeli buku sebanyak 14 bidang studi.

Kendati pemerintah menganjurkan penggunaan buku dari empat penerbit, kata dia, sekolah masih harus menyeleksi buku yang dapat digunakan. Penggunaan buku disesuaikan dengan kondisi ril dan kurikulum yang berlaku.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s