Politik

Sewa Rumah

Anggota Dewan Sewa Rumah Pribadinya

Anggota dewan yang memiliki rumah pribadi di kota tempatnya bertugas lumayan beruntung. Tunjangan perumahan yang diberikan tidak perlu lagi dikeluarkan untuk sewa rumah alis rumah pribadi yang disewa.

Nominal tunjangan perumahan yang diberikan bersama gaji setiap bulan cukup besar. Informasi yang diperoleh dari Bagian Keuangan DPRD Sulbar, anggota dewannya memperoleh tunjangan perumahan sebesar Rp5 juta/bulan.

Sekretaris DPRD Sulbar, Muzakkir Kullase, mengatakan, anggota dewan tidak diberi uang sewa rumah, tetapi tunjangan perumahan. “Ini sesuai PP No 24/2004 yang terakhir direvisi menjadi PP No 21/2007,” katanya, Selasa, 10 Juni.

Dia beralasan, jika anggota dewan diberi uang sewa rumah, maka sewaktu-waktu ada yang meninggal dunia atau di-PAW oleh partainya, maka rumah yang disewakan harus dikosongkan. Karena itu, dana tunjangan perumahan bukan untuk sewa rumah.

Dengan pemberian tunjangan perumahan, anggota dewan diberikan kewenangan menggunakan dana tunjangan sesuai keinginan mereka. Menurut Muzakkir, jika dana yang diberikan berupa uang sewa, maka peralatan rumah tangga bisa saja dimasukkan, tetapi harus diberi label inventarisasi daerah.

Tahun 2006 lalu, audit BPK menemukan dana tunjangan perumahan anggota DPRD Sulbar melebihi batas kewajaran. Akibatnya, anggota dewan diminta mengembalikan kelebihan dana tunjangan yang totalnya mencapai Rp457.995.586.

Sesuai PP 24/2004, pimpinan dan anggota DPRD sebenarnya diberikan rumah jabatan. Tetapi bila pemerintah daerah belum mampu menyediakan rumah dinas, maka diberikan tunjangan perumahan berupa uang sewa yang besarnya disesuaikan standar harga setempat.

Pengembalian dana tunjangan perumahan ini, kata Muzakkir, telah dilakukan semua legislator termasuk tunjangan komunikasi intensif (TKI) dan dana operasional pimpinan DPRD. “Pengembalian tunjangan perumahan dan dana TKI harus selesai sebelum masa jabatan berakhir,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s