Hot News

Uang Lembur PNS Naik 40 Persen

Dompet Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan semakin bertambah tebal. Mulai tahun 2009, PNS yang bekerja lembur akan memperoleh tambahan gaji yang lebih besar. Kenaikan uang lembur PNS mencapai 40 persen.

Kenaikan uang lembur bagi PNS ini diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan No.64/PMK.02/2008 tentang standar biaya umum tahun anggaran 2009. Pemerintah telah menaikkan tarif uang lembur dan uang makan lembur

Pegawai golongan I akan dinaikkan tarif uang lemburnya sebesar 40 persen dari Rp5.000 menjadi Rp7.000/jam. Pegawai golongan II, III, dan IV juga menikmati kenaikan tarif lembur per jam. Golongan II naik 35 persen dari Rp6.500 menjadi Rp9.000, golongan III dari Rp8.000 menjadi Rp11.000, dan golongan IV dari Rp9.500 menjadi Rp13.000 per jam.

Batasan waktu lembur hanya maksimal tiga jam per hari atau total 14 jam dalam seminggu. Sementara pada hari libur kerja, tarif uang lembur dihitung 200 persen dari tarif lembur hari kerja biasa.

Bukan hanya uang lembur yang dinaikkan, pemerintah juga menaikkan uang makan lembur semua golongan dari Rp10.000 menjadi Rp15.000. Tetapi uang makan diberikan setelah pegawai bekerja selama dua jam berturut-turut.

Uang makan harian pegawai maupun calon pegawai juga ditambah oleh pemerintah menjadi Rp15 ribu per hari mulai tahun depan. Uang makan diberikan kepada PNS/CPNS yang dihitung secara harian maksimal 22 hari kerja.

Tenaga fungsional seperti tenaga fungsional komputer, laboratorium, perpustakaan, petugas foto x-ray, dan petugas berisiko tinggi lainnya juga memperoleh tambahan pendapatan. Semua tenaga fungsional ini disediakan anggaran makanan penambah daya tahan tubuh sebesar Rp6.000 per hari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s