Hot News

Penerima BLT Wajib Penuhi Sembilan Syarat

Syarat menjadi penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) terbilang cukup sulit. Agar dapat menerima kartu BLT, rumah tangga yang disurvei harus memenuhi minimal sembilan dari 14 persyaratan yang telah dibuat.

Sebuah rumah tangga dapat dikatakan miskin jika memenuhi variabel antara lain, luas lantainya kurang dari delapan meter persegi/orang dengan jenis lantai tanah, bambu, atau kayu murahan. Dinding yang digunakan terbuat dari bambu, rumbia, atau bahan berkualitas rendah lainnya.

Rumah yang tidak memiliki fasilitas WC dengan sumber air minum dari sumur atau air tidak terlindung, serta penerangannya bukan listrik, juga dikategorikan rumah tangga sasaran (RTS). Variabel penentu RTS lainnya adalah konsumsi daging atau susu minimal satu kali seminggu.

Warga dapat dikategorikan miskin jika frekuensi makannya dalam sehari maksimal hanya dua kali dan hanya membeli pakaian satu stel setahun. Petani yang memiliki lahan kuran dari setengah hektare, buruh tani, nelayan, buruh bangunan, atau pekerjaan lain dalam sebuah rumah tangga yang memiliki pendapatan di bawah Rp600 ribu juga menjadi penilaian memperoleh BLT.

Kepala BPS Sulbar, Nursam Salam, mengatakan, pemutakhiran data penerima BLT akan mulai dilakukan September mendatang. “Untuk sementara, data yang digunakan data PSE 2005 dengan jumlah penerima BLT sebanyak 111.902 rumah tangga sasaran,” ungkapnya, Kamis, 15 Mei.

Menurut Nursam, meskipun RTS telah memiliki kartu BLT, kartu yang dipegangnya akan dicabut jika orang yang berhak menerima telah meninggal dunia. Hak penerimaan BLT juga akan dicabut jika telah pindah alamat atau telah terjadi perubahan status dari miskin menjadi kaya.

“Kepala desa bersangkutan berhak menarik kartu BLT itu dan mengalihkannya ke RTS lain yang belum terdaftar sebagai penerima BLT. Tetapi kepala desa diperingatkan jangan curang. Setiap pengalihan kartu BLT harus dilaporkan dalam berita acar,” jelasnya.

Nursam mengungkapkan, data BLT yang digunakan pada 2005 dan 2006 lalu, kemungkinan terdapat inklusioan dan eklusion error atau terdapat RTS yang layak menerima BLT tetapi tidak memiliki kartu BLT dan sebaliknya. Data ini akan diverifikasi September mendatang.

One thought on “Penerima BLT Wajib Penuhi Sembilan Syarat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s