Hot News

Honor Penyuluh Kakao Disunat Rp400 Ribu

Beberapa field facilitator atau petugas lapangan yang menjadi penyuluh program Gerakan Pembaruan Kakao (GPK) mengadukan pemotongan honornya ke anggota DPRD Sulbar. Honor yang disunat bervariasi antara Rp200 ribu sampai Rp400 ribu.

Salah seorang field facilitator yang bertugas di Mamuju Utara, Amiruddin, mengaku tidak mengetahui alasan pemotongan honor itu. “Dalam kontrak kerja tidak ada aturan mengenai sanksi pemotongan honor. Bahkan ada teman yang dipotong lebih banyak dengan alasan jarang ke lapangan,” keluhnya yang disampaikan ke Komisi II DPRD Sulbar, Kamis, 19 Juni.

Honor yang diterima Amir setiap bulan selama menjadi petugas lapangan sebesar Rp2,5 juta. Pekerjaannya sehari-hari bertanggung jawab terhadap kebun demonstrasi plot (demplot) atau kebun percontohan. Tetapi bantuan bibit berkualitas dan pupuk, katanya, sudah tidak diberikan lagi.

Amir mengaku sangat mengeluhkan penyunatan honor itu karena pengeluarannya sudah tidak sebanding lagi dengan pemasukan yang diterima. “Masyarakat kadang menyumbang kami beras karena merasa cukup kasihan,” kata petugas lapangan yang bertugas di Kecamatan Sarjo, Mamuju Utara itu.

Selain mengeluhkan penyunatan honor yang tidak diketahui indikatornya, dia juga mengkritisi jarangnya tim ahli sekretariat GPK melakukan evaluasi lapangan. Bibit berkualitas dan pupuk, kata dia, juga sudah tidak pernah lagi diberikan.

Kepala Bidang Produksi Perkebunan Dinas Perkebunan dan Kehutanan Sulbar, Tanawali, yang dikonfirmasi, mengaku tidak bertanggung jawab atas terpotongnya gaji petugas lapangan program GPK. “”Kalau menyangkut gaji, dikonfirmasi langsung ke Ketua Tim Ahli GPK,” kata Tanawali melalui layanan pesan singkat.

Ketua Tim Ahli GPK, Prof Sikstus Gusli, yang dikonfirmasi terkait pemotongan honor petugas lapangan yang seharusnya membantu peningkatan produksi kakao di Sulbar, menolak memberi keterangan. Semua yang menyangkut masalah pemberian honor, kata dia, menjadi tanggung jawab Pemprov Sulbar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s