Hot News

BLT Bentuk Penyuapan?

Benarkah Pemerintah Suap Rakyat Melalui BLT?

Pemberian bantuan langsung tunai atau BLT kepada 19,1 juta rumah tangga miskin (RTM) menuai kontroversi dari berbagai kalangan. BLT ini dinilai hanya membuat masyarakat selalu meminta dan menjatuhkan harga diri masyarakat. Pendapat yang paling ekstrim bahkan menilai pemberian BLT itu merupakan bentuk suap pemerintah kepada rakyat.

Pakar ekonomi, Revrisond Baswir, secara tegas menyebut pemberian BLT itu merupakan bentuk penyuapan pemerintah kepada rakyat. Penyuapan melalui pemberian BLT melalui  kepada rakyat dengan harapan mengurangi resistensi penolakan terhadap kenaikan harga BBM dapat dikurangi.

Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada itu mengemukakan, harapan untuk mengurangi resistensi terhadap kebijakan menaikkan harga BBM telah terbaca dari awal. Pemberian BLT itu juga dinilainya kebijakan yang lucu. Kenaikan harga BBM yang bersifat permanen tetapi hanya ditanggulangi dengan kebijakan yang bersifat temporer.

Meskipun pemerintah mengatakan APBN defisit, dana untuk APBN bisa diambil dari sumber dana lainnya. Sumber dana yang dibagikan kepada masyarakat melalui program BLT juga bisa berasal dari mana saja, baik dari APBN maupun sumber anggaran lainnya.

“Lepas dari semua itu, APBN memang tidak bermasalah. Karena itu, keputusan menaikkan harga BBM sebenarnya tidak layak dilakukan,” tegasnya.

Kebijakan menaikkan harga BBM, kata dia, hanya karena pemerintah ingin melepas harga BBM ke pasar. Meski hal itu tidak secara cepat akan menjadikan setara dengan harga di pasar internasional, hasilnya sama saja, makin memberatkan rakyat.

Revrisond Baswir menegaskan, secara ekonomi sebenarnya tidak ada masalah dengan kenaikan harga minyak di pasaran internasional. “Hanya saja secara ekonomi politis menjadi berbeda,” ujarnya.

Adanya tekanan pihak asing membuat Pemerintah Indonesia,  terpaksa mengambil kebijakan yang tidak populer dan banyak ditentang rakyatnya sendiri. Gelombang aksi demonstrasi pun terus bermunculan di mana-mana.

2 thoughts on “BLT Bentuk Penyuapan?

  1. Saya sangat sepakat dengan apa yang dikatakan Pak Revrisond apalagi tahun depan kita akan menghadapi pemilu dimana Pendahulu kita yang sekarang sedang memimpin akan kembali mencalonkan diri sehingga BLT saya katakan sebagai money politic yang dilegalkan apalagi beliau sedang berkuasa sehingga tidak perlu mengeluarkan dana pribadinya sendiri malah bisa memakai uang negara dan ujung-ujungnya pun ini dapat dikatakan sebuah korupsi yang dilakukan oleh Pemerintahan SBY-JK saat ini yang sifatnya pun terang-terangan.

  2. yah bener bngt..,

    blt tu semacam benuk penyuapan dan penghinaan terhadap rakyat mengah kebawah..,

    kalo anda berpikir pasti akan tidk menetuji blt

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s