Hot News

Bandara Tampa Padang Mamuju Sulbar

Runway Bandara Tampa
Padang Diperpanjang 400 Meter

MAMUJU — Penggunaan transportasi udara via Makassar-Mamuju yang terus meningkat, membuat kapasitas Bandara Tampa Padang Mamuju terus ditambah. Landasan pacu atau runway yang saat ini sepanjang 1.600 meter akan ditambah 400 meter tahun ini.

Kepala Bandara Tampa Padang, Wahyu Anwar, mengungkapkan, anggaran yang telah disetujui Departemen Perhubungan untuk perpanjangan bandara sebesar Rp7,8 miliar. Perluasan bandara juga telah dilakukan di bagian selatan landasan pacu dengan pembebasan lahan dan penimbunan Sungai Gentungan.

Proyek pengerjaan landasan pacu bandara yang saat ini sedang dalam tahap proses tender diharapkan telah rampung November mendatang. Penambahan panjang landasan pacu mengarah ke selatan pada lahan yang telah dibebaskan Pemprov Sulbar. Selain pengerjaan panjang runway, pemerintah pusat juga telah menyetujui perbaikan shoulder atau daerah aman di samping landasan.

Runway bandara direncanakan akan kembali ditambah 2009 mendatang sepanjang 200 meter, sehingga dengan total panjang 2.200 meter, pesawat berbadan lebar telah dapat mendarat. “Untuk ukuran Boeing 737-300 telah memenuhi syarat untuk mendarat. Tetapi, kekuatan landasan runway tetap harus dibenahi” kata Wahyu yang dihubungi melalui ponselnya, kemarin.

Wahyu mengatakan, jika mengacu master plan pembangunan bandara yang telah direvisi, proyek pembangunan bandara yang diusulkan berganti nama menjadi Bandara Andi Depu ini masih sangat jauh dari tahap perampungan. Runway yang telah ada saat ini akan dijadikan taxi way, sehingga landasan pacu baru harus dibangun kembali di bagian lain bandara.

Sementara penambahan apron pada bandara yang telah digunakan untuk pendaratan pesawat yang ditumpangi Presiden SBY, 13 Mei lalu, juga belum akan dilakukan. “Kalau ada penambahan apron, maka terminal kedatangan dan keberangkatan yang ada harus dipindahkan,” tuturnya.

Frekuensi Penerbangan Bertambah

Besarnya animo masyarakat menggunakan alat transportasi udara membuat frekuensi penerbangan juga ditambah. Penerbangan Mamuju-Makassar oleh Maskapai Merpati Nusantara Airlines yang semula hanya tiga kali sepekan, bertambah menjadi empat kali sepekan, yakni Senin, Selasa, Jumat, dan Sabtu.

Selain Merpati, maskapai lain yang juga telah menerbangi Mamuju adalah Avia Star mulai beroperasi sejak akhir April. Maskapai penerbangan ini menggunakan pesawat jenis Cassa berkapasitas penumpang 18-20 seat dengan jadwal penerbangan Senin dan Rabu.

Harga tiket yang ditawarkan untuk jasa sekali penerbangan rute Makassar-Mamuju atau sebaliknya hanya Rp223 ribu per seat. Maskapai ini melayani jasa transportasi udara dengan rute Makassar-Mamuju-Balikpapan.

5 thoughts on “Bandara Tampa Padang Mamuju Sulbar

  1. semoga bandara tanpa padang bisa secepat’na di landasi pesawat jenis boing 737… n ada rute denpasar – mamuju…. amienn

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s