Inspirasi

Secuil Perjalanan Hidup

Arti Sebuah Pertolongan

Rabu, 30 April, sebuah pelajaran berharga saya peroleh. Filosofi hidup yang selama ini saya pegang, dapat saya buktikan. Saat perjalanan liputan longsor dan illegal logging yang saya lakukan bersama seorang teman dari Metro TV di Desa Bonehau, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, motor yang kami gunakan terendam lumpur sedalam setengah meter.

Lumpur itu longsoran tanah dari tebing yang berada di sisi jalan dan menutupi permukaan jalan. Awalnya, kami sempat ragu untuk melintasinya karena dalamnya lumpur. Namun, akhirnya kami memutuskan untuk melintasinya.

Kami terpaksa nekat melintasi jalan itu karena hari sudah gelap. Waktu itu, jarum jam menunjukkan sekitar pukul 19.00. Selain kondisi yang gelap gulita, pemukiman penduduk juga sangat jauh dari tempat itu. Kami
pun mengikuti intuisi dan keyakinan bahwa hambatan itu dapat dilewati.

Ketika berada di tengah jalan berlumpur sepanjang 200 meter itu, motor yang kami dorong namun mesin tetap dihidupkan sudah tidak mampu lagi menerobos kubangan lumpur yang sangat pekat. Ketika mesin mati, kepanikan semakin menjalari dan memacu adrenalin kami.

Betapa tidak, kami sedang berada di tengah malam gelap gulita dengan kondisi alat transportasi yang sudah tidak bergerak. Ancaman tanah yang labil dari tebing yang berada di sisi kami juga mulai membayang. Teriakan minta pertolongan selama berkali-kali pun keluar dari sisa-sisa tenaga yang dikeluarkan untuk mendorong motor itu keluar dari kubangan lumpur.

Beruntung beberapa menit kemudian, ada dua orang yang mau mendengar teriakan kami dan memberikan bantuannya. Kami berempat kemudian bersama-sama mengeluarkan motor itu dari lumpur dan akhirnya selamat.

Tak lupa kami mengucapkan rasa TERIMA KASIH YANG SEBESAR-BESARNYA untuk mereka yang telah memberi pertolongannya. Cerita ini sangat sederhana. Tetapi bagi saya memiliki arti yang sangat mendalam. Sebuah filosofi hidup memberiku pelajaran. Ketika saya masih dapat membantu orang lain dengan ikhlas, bukannya berharap pamrih, maka suatu waktu, kita akan mendapatkan bantuan pertolongan juga dari orang lain. Mungkin bukan berasal dari orang yang kita bantu. Tetapi bantuannya dititipkan melalui tangan orang lain.

Hati saya menjadi semakin merasa terbuka dan lega ketika tiba di Kota Mamuju, ibukota Provinsi Sulawesi Barat, saya membuka email dan mendapatkan sebuah bahan renungan dari Andri Wongso. Tulisannya
begini:

Sudahkah saat terbangun di pagi hari Anda memikirkan apa yang akan dilakukan dalam waktu 24 jam ke depan? Mengapa saya bertanya tentang hal ini? Sebab, apa yang kita lakukan hari inilah yang akan menentukan masa depan kita. Kita mungkin saja tidak akan bertemu dengan hari esok, namun, jika kita melakukan yang terbaik hari ini, maka bukan tidak mungkin masa depan kita akan lebih baik.

Untuk itu, jika saat terbangun di pagi hari kita sudah tahu apa yang akan dilakukan dalam 24 jam berikutnya, hal ini akan membantu agar kita bisa menyelesaikan semua tugas, amanah, dan tanggung jawab dengan lebih maksimal. Begitu juga dalam kehidupan. Jika ada target dan tujuan jelas dalam hidup, maka kita pun akan bisa lebih pasti dalam menentukan langkah ke depan.

Dengan mempunyai target, kita seolah mempunyai kompas untuk mengarahkan ke mana kita menuju. Jika itu sudah kita miliki, maka kita tinggal melangkah untuk mewujudkannya. Sudah pasti, ujian dan cobaan,
maupun godaan kadang akan datang untuk membelokkan langkah kita dari target yang telah kita tetapkan. Tak jarang, hempasan badai kehidupan juga bisa melemahkan semangat.

Maka, dalam berbagai kesempatan, saya selalu menekankan pentingnya mempunyai keberanian untuk mewujudkan target tersebut sampai kita benar-benar mencapai kesuksesan. Dengan keberanian tersebut, kita akan tetap kokoh saat diterjang badai. Kita juga akan mampu menahan godaan sehingga tetap fokus pada tujuan.

Memang tidak gampang untuk meraih sukses. Tak ada jalan rata untuk mencapai semua impian. Untuk itu, perlu keberanian menentukan tujuan, keberanian dalam melangkah, dan keberanian untuk mewujudkan sepenuh hati dan sekuat tenaga sampai kita benar-benar meraihnya.
Selamat berjuang. Salam sukses luar biasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s