Kumpulan Cerpen

Memaknai Aries

Memaknai Aries

Cerpen Dewi Alizar
Dimuat di Batam Pos

Aries..! Lelaki berlambang zodiak biri-biri jantan ini selalu meninggalkan kesan bagiku. Entah itu kesan baik ataupun tidak, yang penting telah menggoreskan kenangan dalam kehidupanku. Sebelum mencari tahu tentang Aries dari buku astrologi dan membandingkannya dengan bintangku, terlebih dahulu aku ingin memberi perbandingan dengan sifat ayah, karena Aries adalah juga zodiak ayahku!

Aries Ayahku! Ayah pendiam dan tak pernah marah, tapi agak pendendam. Ayah penuh semangat, giat bekerja dan tekun dalam melakukan. Ayah penuh perhitungan, punya perencanaan, dan pandai mengelola keuangan. Ayah tidak suka dikekang, tapi kadang minta diperhatikan. Ayah gemar olah raga terutama sepak bola yang membuatnya sering begadang. Lalu kata ibu, Ayah tidak romantis tapi pencemburu meski tak berlebihan!
Siapa Aries selain ayah yang memberi kesan? Ada beberapa nama yang rasanya tak perlu kusebutkan. Diantara mereka punya sifat yang hampir sama dengan ayah meski jumlahnya masih kurang dari delapan. Hingga akhirnya aku tertarik mencari makna dibalik zodiak berelemen api yang menaungi orang-orang berkelahiran 21 Maret hingga 20 April, yang ulang tahunnya bulan depan.

Aries pendiam dan sedikit pemalu! Setidaknya itu yang bisa kulukiskan dari penggambaran ayahku. Dan setidaknya juga, tiga pria yang kukenal selain ayah, punya sifat seperti itu. Meski kujumpai dua Aries lainnya punya sifat bertolak belakang, emosional dan banyak komentar, tapi ada perbandingan 4 : 2 dibawah naungan bintang yang satu.

Aries pendendam! Ini menjadi benang merah dalam pikiranku. Aku punya perbandingan 5 : 1 untuk sifat yang sesungguhnya tidak baik itu. Ayah memang tak pernah dendam padaku. Ayah mana di dunia ini yang mau mendendam darah dagingnya, apalagi anak kesayangannya adalah aku! Tapi aku pernah merasakan beberapa kali didendam lelaki Aries selain ayahku. Kata ramalan zodiak, Aries memang bertentangan dengan bintangku. Karena Aries dan bintangku sama-sama berhati batu. Tapi menurutku, tak selamanya Aries seperti itu.

Aries penuh semangat dan giat bekerja! Untuk yang satu ini, aku punya perbandingan 6 : 0, tepatnya semua Aries gila kerja. Bahkan kadang tak punya waktu untuk bercanda. Bekerja adalah hobi dan hal paling utama. Tak ada Aries yang gemar bermalasan dan berpangku tangan saja. Itulah mengapa dulu seorang teman pernah berkata, Aries termasuk salah satu bintang yang diutamakan jika ia merekrut karyawan untuk bekerja di tempatnya.
Aries penuh perhitungan dan pandai mengelola keuangan. Aku punya perbandingan 5 : 1 karena umumnya Aries tidak suka jajan. Aries sangat hemat dan hitung-hitung jika hendak mengeluarkan uang. Aries punya rencana keuangan dan sangat teliti jika akan membeli suatu barang. Aries bukan makhluk pemboros, tidak suka foya-foya dan tak peduli apa kata orang. Meski begitu, Aries tak jarang rela membelikan orang yang dicintainya barang-barang bagus sebagai kejutan.

Aries tidak suka diatur! Kembali aku mendapati perbandingan 6 : 0 untuk sifat Aries yang satu ini. Meskipun sebenarnya sifat ini dimiliki oleh umumnya manusia, tapi Aries bisa memberontak dengan dahsyatnya jika menurutnya ia telah dizalimi. Awalnya Aries tampak jinak, mudah dibawa ke sana-sini dan mau menuruti. Tapi suatu saat Aries akan memperlihatkan gigi dengan emosi yang tak terbendungi. Lalu Aries berkata, “Saya tidak suka diatur dan dihakimi!”

Aries gila bola! Perbandinganku 4 : 2 untuk hobi yang umumnya didominasi kaum pria ini. Demi olah raga memperebutkan satu bola oleh 22 manusia di satu lapangan, para Aries rela tidak tidur sampai pagi atau cedera di sana-sini. Tak jarang pula Aries dengan suka-cita berdesakan demi menyaksikan pertandingan kesebelasan tim kesayangan. Aries sangat senang bertemu dengan teman-teman pecinta bola tempat bercerita tim unggulan. Mungkin itu yang menyebabkan Aries lebih solider terhadap teman daripada pasangan.
Aries tidak romantis tapi pencemburu! Meski aku mendapat cerita ini dari ibu, tapi akupun pernah merasakan diperlakukan Aries sama seperti ibu. Perbandingan untuk ini, 5 termasuk ayah : 1. Aries kurang pandai merayu. Aries juga jarang menyanjung wanita jika tidak terlalu perlu. Bunga dan cokelat bukan sesuatu yang bermutu. Aries lebih pintar mendekatkan diri dengan keluargaku daripada aku. Sedangkan di keluarganya, Aries selalu dibutuhkan karena kepeduliannya pada ayah dan ibu. Meski tidak romantis, Aries sebenarnya penyayang bahkan pencemburu. Aries sangat cinta pada keluarga dan anak-anaknya meski kadang suka mengatur pasangan karena sifat cemburu itu.
Hanya itu beberapa sifat ayah yang bisa kubandingkan dengan para lelaki Aries yang pernah singgah dulu. Kini aku ingin mencari tahu makna sebenarnya yang kudapatkan dari ilmu astrologi dan ramalan bintang lewat buku.

Menurut ramalan, Aries dipengaruhi oleh planet Mars dengan pasangan zodiak Leo dan Sagitarius, yang terakhir adalah bintangku.
Aries punya watak pribadi yang kuat, pikiran cerdas, rajin berusaha untuk mencapai keinginan, semua sifat ini hampir sama dengan pribadi ayahku.

Aries merupakan tanda pertama dari zodiak. Karena itu Aries selalu nomor satu dalam segala bidang dan akan sedih jika merasa diremehkan. Aries selalu memulai ide baru sehingga sering menimbulkan persoalan dan kesulitan. Aries tak pernah mampu belajar dari pengalaman. Aries memerlukan orang lain sebagai pendengar dan jangan coba menasehati Aries, karena mereka tak akan mau mendengar. Aries merupakan lawan yang tangguh dalam sebuah konflik dan tidak menyukai pekerjaan yang menyenangkan dan tenang karena Aries lebih senang pekerjaan mengandung banyak tantangan. Orang Aries lebih berhasil kerja sendiri daripada bergabung dengan orang.

Menurut ilmu astrologi lagi, Aries selalu ingin mendapatkan apa yang diinginkannya saat itu juga. Aries mengubah suatu planet menjadi peluru berwarna merah yang menembak terlebih dahulu sebelum memikirkan akibatnya. Aries suka bersaing, tidak mau menyerah pada tantangan, dan tak pernah punya waktu untuk bersikap curang.

Menurutku, hampir benar ramalan sifat-sifat itu dengan kenyataan sebenar. Aku menemukan 5:1 untuk tangguh dalam konflik, suka bersaing, tak mau diremehkan, dan tak mau mendengar. Umumnya Aries yang kukenal pernah bercerita, terlibat konflik dengan teman sekantor atau atasan, meski tak terlalu besar.

Untuk urusan cinta, ramalan astrologi yang kubaca ternyata patut kupertanyakan. Jika disebutkan Aries sulit menerima cinta karena mengira cinta akan mengekang mereka, mungkin tak sepenuhnya benar. Karena yang kutahu Aries umumnya mudah terlibat cinta meski tidak terlalu sering bercinta serius dengan orang. Meski pernah bermain api, lelaki Aries termasuk tipe setia dan patuh pada komitmen dan pasangan.

Kali ini aku ingin membandingkan Aries dengan bintangku. Aries berelemen api, sama dengan bintangku. Api bersifat tak dapat ditahan, bersemangat, antusias, spontan dan hangat. Tanda-tanda api bersifat kreatif, ekspresif dan berani. Aries dan Sagitarius sama-sama tidak takut untuk bertindak impulsive atau menanggung resiko untuk meraih suatu kesempatan. Aries dan Sagitarius sama-sama dinamis, enerjik, dan percaya diri. Api juga mewakili tingkat spiritual dan inspirasional dalam kehidupan ini.

Tak hanya itu, Aries dan Sagitarius sama-sama berjenis maskulin. Maskulin termasuk ekstrovert dan agresif, berani mengejar apa yang diinginkan dan mengutarakan pikiran, serta lebih suka menyerang daripada bertahan.

Meski punya banyak kesamaan, tapi tidak sedikit pula perbedaan Aries dan bintangku. Jika Aries dipengaruhi Mars, Sagitarius yang berlambang orang berkuda sedang memanah, dipengaruhi Yupiter. Sagitarius berwatak keras dalam pendirian, tidak mudah putus asa, serta tak mengenal istilah gagal.

Anak panah yang siap ditembakkan merupakan target kehidupan seorang Sagitarius. Sagitarius juga memiliki perasaan ingin tahu yang besar dan selalu merasa perlu menganalisa apa yang pernah didengar. Banyak Sagitarius menikmati popularitas dan berdiri tegak pada kaki sendiri. Di masa kecil, Sagitarius sering dituduh tidak bertanggung jawab karena terlalu berani mengambil resiko untuk dirinya maupun orang lain. Sagitarius selalu sanggup belajar dari sejarah dan menyukai tantangan.

Sagitarius berusaha menunda pernikahan sejauh mungkin, karena pernikahan dianggap sebagai belenggu kebebasan. Begitu pula dalam memilih karier, syarat utama bagi Sagitarius adalah kebebasan.

Jika Aries mengandung azas utama, Sagitarius berazas ubah-ubah. Sagitarius dianggap lebih fleksibel dan memiliki berbagai bakat. Sagitarius bisa beradaptasi dengan mudah bila dihadapkan pada suasana baru. Perhatian Sagitarius juga sangat mudah beralih karena menggemari variasi. Berbeda dengan Aries yang agak sulit beradaptasi dan senang melakukan sesuatu secara pribadi.
“Yang jelas, Aries keras hati,”kataku pada Indra setelah membolak-balik buku ramalan bintang di siang ini.

“Sagitarius lebih egois. Lihat saja selebritis berbintang Sagitarius, lebih banyak cerai daripada harmonis,”kata Indra tak mau kalah.
“Yang lebih pasti, kita sama-sama berelemen api dan berjenis maskulin. Kita sama-sama tak mau kalah dan suka menyerang. Tak akan ada yang mau mengalah dalam mempertahankan pendapat hingga sore menjelang,”kataku lagi.
“Meski begitu, menurut ramalan, Aries dan Sagitarius adalah pasangan ideal,”kata Indra akhirnya mengakhiri perdebatan.***

Batam, Februari 2008
Untuk semua yang berbintang Aries!
Selamat Ultah!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s