Reportase

Pertarungan

Kerbau Bernilai Jutaan Rupiah Jadi Aduan

ADA banyak tradisi yang tak pernah lekang di makan zaman dan tak dilupakan oleh masyarakat Mamasa. Salah satu kegiatan yang selalu hadir dalam setiap even perayaan adalah mengadu kerbau jantan yang harganya mencapai jutaan rupiah

LAPORAN: HARIFUDDIN, MAMASA

RATUSAN orang tiba-tiba berlarian dari kerumunan yang berada di tengah lapangan di jantung Kota Mamasa. Ada yang berupaya lari ke pinggir jalan dan adapula yang naik ke sebuah panggung yang berdiri di tengah lapangan. Tiba-tiba panggung itu ambruk dan puluhan orang yang berada di atasnya terjatuh.

Rupanya panggung setinggi dua meter itu ambruk diseruduk dua kerbau jantan bertubuh besar yang diadu oleh warga. Satu kerbau berwarna hitam pekat bertanduk lebar dan sekujur tubuhnya sangat bersih dan mengkilap. Kerbau lainnya, ukurannya tak kalah besar. Karena sebagian tubuhnya berwarna kemerahan, sehingga sering disebut kerbau bule. Di Mamasa juga sering disebut dengan tedong doti.

Beberapa penonton yang datang dari beberapa kecamatan di Kabupaten Mamasa, seringkali berkerumun dan mendekati arena aduan. Tontonan kerbau aduan ini menjadi semakin menarik tatkala kedua kerbau aduan saling beradu tanduk.

Hujan deras yang mengguyur dan membuat lapangan menjadi kubangan lumpur tak dipedulikan warga agar dapat menyaksikan lebih dekat pesta adu kerbau itu. Masing-masing penonton mengunggulkan kerbau jagoannya. Bahkan tak jarang, ada yang berani bertaruh kemenangan.

Even mengadu kerbau inipun, memang tak jauh dari ajang pertaruhan. Sebelum kerbau diadu, pemilik atau orang yang berani bertaruh, harus menentukan harga aduan terlebih dahulu. Penawaran dua kerbau aduan yang merobohkan panggung perayaan HUT Mamasa ke-6, Selasa, 11 Maret itu, mencapai Rp10 juta.

Durasi waktu aduannya tidak sampai sepuluh menit. Kerbau berwarna hitam pekat dinyatakan sebagai pemenang setelah kerbau bule melarikan diri dari arena. Pemilik kerbau bahkan kerepotan menangkap dua kerbau yang masih berkejaran ke luar lapangan.

Kerbau aduan dari Mamasa cukup dikenal tangguh dan berani hingga ke luar daerah. Tak heran, jika harga seekor kerbau aduan yang mendapat perawatan khusus, mencapai Rp120 juta. Harga yang cukup fantastis untuk seekor kerbau.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s