Syarat Pemberian Dana KUR

BNI menargetkan penyaluran KUR kepada masyarakat tahun ini hingga Rp80 miliar. Total dana KUR yang telah disalurkan di Sulawesi Barat hingga akhir April telah tercatat sebanyak Rp20,52 miliar.

Bank Negara Indonesia (BNI) juga membagikan 1.000 paket Sembako dan dana rehab sebesar Rp100 juta untuk lima sekolah di Kabupaten Mamuju. Penyerahan bantuan program Corporate Social Responsibility (CSR) ini disaksikan langsung Presiden SBY saat kunjungan kerja di Mamuju, Selasa, 13 Mei, kemarin.

Pemimpin Wilayah VII BNI Makassar, Bambang kuncoro, mengatakan, penyerahan bantuan program CSR ini sebagai wujud komitmen dan ungkapan terima kasih BNI kepada masyarakat. “Kami berharap dapat bersama-sama masyarakat membangun Sulbar dengan penyaluran bantuan dan kredit yang lebih optimal,” katanya.

Selain pemberian bantuan, BNI juga menyerahkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada masyarakat yang memiliki usaha mikro. KUR disalurkan dengan plafon kredit maksimum Rp500 juta kepada setiap debitor. Dirut BNI, Gatot M Suwondo menyerahkan KUR kepada tiga warga Mamuju dari kelompok tani, nelayan, dan pedagang.

Menurut Gatot, penyaluran KUR bentuk keseriusan BNI memberdayakan usaha kecil sekaligus meningkatkan porsi kredit segmen UKM. “Produk KUR merupakan produk kredit yang didesain untuk membantu wiraswastawan yang ingin mengembangkan usahanya,” katanya.

KUR kepada usaha mikro juga disalurkan BRI. Untuk wilayah Sulbar, total dana KUR yang ditargetkan dapat disalurkan tahun ini minimal Rp60 miliar. Penyerapan kredit KUR oleh usaha masyarakat hingga 5 Mei telah tercatat sebesar Rp21,8 miliar.

Pemimpin Wilayah BRI Makassar, Teten Jyaka Triatna, mengatakan, KUR dapat diberikan kepada masyarakat sampai usaha yang tergolong ekstrim, misalnya pemulung untuk bantuan modal usaha. Pengembalian pinjaman oleh usaha mikro diyakini lebih lancar karena merupakan penunjang ekonomi utama keluarga dan harus tetap eksis.

Program yang diluncurkan SBY November 2007 lalu ini, kata Teten, memberikan kemudahan akses yang lebih besar kepada pelaku usaha mikro, kecil, menengah yang sudah feasible tetapi belum bankable. Diakuinya, banyak usaha masyarakat yang tidak terakomodir mendapatkan kredit karena tidak dapat memenuhi persyaratan seperti agunan atau NPWP.

Sementara pada pemberian KUR, semua persyaratan itu tidak dibutukan. “Persyaratan kredit sangat mudah, yakni tanpa agunan. Cukup menyerahkan KTP, Kartu Keluarga, dan surat keterangan usaha dari kelurahan setempat. Rata-rata pengembalian tiga tahun dengan bunga 16-24 persen,” jelasnya.

Selain memberikan KUR, BRI juga menyerahkan bantuan 3.000 paket sembako berisi 5 kg beras, satu karton mi instan, satu kiogram gula pasir, dan satu liter minyak goreng kepada masyarakat. Penyerahan bantuan juga disaksikan langsung SBY.

Dikutip dari situs Bank BNI, dalam menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR), BNI juga memberikan kredit untuk pembiayaan usaha ekonomi kreatif. Mereka merupakan usaha yang bergerak dalam industri kerajinan unik, inovatif dan banyak berkaitan dengan hasil budaya asli bangsa. BNI mendukung pengembangan usaha ekonomi kreatif karena selain mendukung hasil cipta bangsa sendiri, juga memiliki prospek bisnis yang sangat baik. Industi usaha kreatif memiliki prospek sejalan dengan program pelestarian budaya bangsa dan program Visit Indonesia Year 2008.

Pemberian kredit BNI kepada usaha ekonomi kreatif ditunjukkan secara simbolis dalam acara pembukaan Gelar Budaya Nusantara 2008, di Jakarta Convention Center (4/6). Disaksikan langsung oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono; Direktur Utama BNI, Gatot Suwondo, menandatangani pemberian KUR kepada 2 perwakilan debitor, yaitu Ruhani, usaha hiasan kaca patri dari Depok; dan Hj. Maesunah, usaha batik dari Indramayu.

Menurut Gatot, penyaluran kredit usaha rakyat merupakan salah satu bentuk komitmen BNI dalam memberdayakan usaha kecil sekaligus untuk meningkatkan porsi kredit segmen usaha kecil dan menengah berbagai bidang usaha, termasuk kerajinan kreatif. “Produk BNI KUR merupakan produk kredit yeng didesain untuk membantu para wiraswastawan yang ingin mengembangkan usahanya. Produk ini memiliki persyaratan yang ringan, seperti agunan, umur usaha dan perijinan usaha,” lanjutnya.

Implementasi e-LO
Hingga akhir Mei 2008, BNI telah menyalurkan KUR sebesar Rp 911,8 miliar di seluruh Indonesia, kepada 7.413 debitor. Dalam penyaluran kredit usaha kecil dan menengah, BNI telah didukung dengan jaringan yang tersebar di seluruh pelosok, yaitu 51 sentra kredit kecil (SKC), 112 unit kredit kecil (UKC), 20 sentra kredit menengah (SKM), 63 kantor cabang stand alone, 54 cabang syariah dan didukung 752 kantor layanan. Untuk meningkatkan layanan kepada debitor kredit usaha kecil, sejak 6 Mei 2008 lalu BNI telah mengimplementasikan teknologi baru berupa Electronic Loan Origination System (e-LO). Dengan teknologi baru ini, proses aplikasi kredit usaha kecil menjadi lebih cepat dan mudah.

About these ads
Tinggalkan komentar

82 Komentar

  1. raffi

     /  Juni 27, 2008

    mendengar begitu sulitnya untuk mendapatkan program kur tanpa agunan , saya jadi malas untuk datang kebank , apalagi ketika saya membaca bahwa ribuan proposal telah ditolak,bila saya mengajukan proposal akan buang2 uang saya saja untuk jalan kesana kemari. mohon penjelasan tentang syarat mutlak yang benar dan mohon kalau memang menggunakan jaminan terus terang saja tidak usah manis di bibir saja , buang2 waktu dan uang masyarkat kecil saja yang jelas jelas sedang kesusahan di ekonomi saat ini

    Balas
  2. Artikel di blog Anda sangat menarik dan berguna sekali. Anda bisa lebih mempopulerkannya lagi di infoGue.com dan promosikan Artikel Anda menjadi topik yang terbaik bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

    http://ekonomi-indonesia-bisnis.infogue.com

    http://ekonomi-indonesia-bisnis.infogue.com/syarat_pemberian_dana_kur

    Balas
  3. maria

     /  Juli 15, 2008

    blog anda sangat bagus. mohon memberi informasi segala birokrasi dalam mengikuti KUR, makasih

    Balas
  4. blog anda sangat bagus. mohon memberi informasi segala birokrasi dalam mengikuti KUR, makasih

    Balas
  5. wah bagus dong,
    rakyat semakin sulit untuk mendapatkan KUR karena syarat yang berbelit, jadi pengganguran semakin banyak. soalnya saya pernah bertanya pada sebuah bank pemerintah, harus pakai agunan BPKB kendaraan segala,
    wah jadi informasi yang benar itu yang mana, tidak seperti yang diiklankan di televisi, katanya tanpa agunan tapi koq ditanya BPKB segala,
    ini bagaimana?

    mohon pencerahan kepada semua.
    makasih

    Balas
  6. aryafatta

     /  Agustus 1, 2008

    Pemberian dana Kredit Usaha Rakyat atau KUR merupakan salah satu dari tiga klaster andalan pemerintah selain pemberian dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan PNMP yang diberikan kepada masyarakat Indonesia. Jadi program ini berlaku nasional. Pemerintah memberikan agunan sebesar Rp14,1 triliun kepada empat bank penyalur dana KUR, sehingga masyarakat yang akan mempeoleh kredit cukup mengajukan KTP, KK, dan surat keterangan dari desa. Pihak bank kemudian akan melakukan survei feasibility atau keberlangsungan usaha. Pemohon kredit yang sifatnya baru akan memulai usaha, belum menjadi prioritas utama program KUR ini.

    Sayangnya, dalam implementasinya, masih banyak masyarakat yang mengeluhkan sulitnya memperoleh dana pinjaman KUR alias tidak semudah iklan layanan masyarakatnya. Ada yang mengaku masih dibebankan agunan. Alasannya, bank penyalur kredit KUR takut Non Performing Loan alias kredit macet.

    Balas
    • Semuanya bohong belaka pemerinta, dana kur?????tanpa agunan??????mana???bujtinya saya minjam ke Bank BRI unit pandan kabupaten Tapanuli tengah provinsi sumatera utara harus ada agunan,sementara surat keterangan,kartu keluarga sudah saya penuhi,agunan BPKB.Yang paling bahayanya,pinjaman netnya cuma 5juta aja,pengawasannya gimana neh pak?apa nggak ada lagi yang betul dinegara yang tercinta ini.Sampai kapan Aparat negara ini cuma omong kosong belaka (bulsid)kata bule.Hussssh,gimana mau berkembang neh Pak aryafatta yang terhormat.Apa tunggu dilaporin kePresiden baru ditanggapi ya pak?

      Balas
      • asep

         /  September 9, 2011

        betul sekali neh…harus pake angunan…… saya juga gitu….saya mimpi mau dapat diatas 20 jt. saya sudah siapkan bidang usaha….nyatanya yang kelar maxs cuma 5 jt… yang akhir nya buat usaha ga cukup….sama sekali…utang itung ahir nya. buat beli pakaian anak istri aja yang penting keluarga kebagian… yang penting cicilan nya di bayar…and lancar.. biar kalo lunas di kasi lagi….20 jt biar tambah mimpi…he…he…he..

    • agustono

       /  Desember 14, 2010

      maka untuk itu pemerintah jangan hanya memberi bantuan dana saja pada umkm. tapi juga memberi bantuan manejerial terhadap umkm melalui lembaga-lembaga lain. dan lembaga ini harus mengetahui sudah sejauh mana perkembangan umkm yang mendapatkan dana KUR tersebut. sehingga dana KUR tersebut dapat teralokasi tepat sasaran, yaitu membantu mengembangkan umkm.dan umkm pun dapat membayar hutangnya.
      dan agar tidak terjadi kredit macet. anak kecil juga kalau dikasih uang tanpa dengan tanpa diawasi uang itu bisa habis digunakan untuk hal-hal yang tidak berguna. dan bagaimana pula dengan pola pikir masyarakat kita sekarang, terutama yang tidak mengenyam pendidikan.

      Balas
  7. hendri01

     /  Agustus 4, 2008

    tapi sekarang lama turunnya ni …. karena makin banyak nya permintaan kur tersebut…..

    Balas
  8. aryafatta

     /  Agustus 5, 2008

    dana kredit usaha Rakyat atau KUR itu sejatinya membantu pengusaha mikro dan menengah untuk mengembangkan lagi usahanya. Namanya juga pemberian bantuan yang lebih feasible. Sayangnya, meskipun pemerintah telah menunjuk lima bank penyalur dana KUR, namun dana tidak semudah optimisme Presiden SBY. Memang dana KUR dibagikan di hampir semua provinsi. Tetapi tidak semua cabang bank yang tersebar di berbagai daerah menyalurkannya. Salah satu contohnya, Bank Mandiri yang memiliki 1900 cabang di seluruh Indonesia, hanya sekitar 220 cabang di antaranya yang menyalurkan dana KUR. Sebagian kantor cabang hanya melayani transaksi tabungan saja, bukan penyaluran kredit.

    padahal, pemberian agunan tambahan yang masih dikeluhkanpihak bank telah direalisasikan pemerintah dengan memberikan dana jaminan 1,45 triliun melalui asuransi kredit indonesia dan jaminan kredit indonesia. Dikutip dari Harian Kompas, hingga pertengahan Juli 2008, jumlah dana KUR yang telah disalurkan sebanyak Rp9,6 triliun.

    Jika diumpakan jumlah debitor mencapai satu juta orang, dana yang diperoleh hanya Rp9,6 juta per debitor. Sementara banyak debitor yang mengajukan kredit di atas Rp20 juta.

    Akhirnya, target pemerintah menyalurkan kredit hingga Rp15 triliun tahun ini sebagai salah satu kluster andalan pemerintah mengentaskan kemiskinan akibat naiknya harga pangan dan BBM, rasanya sulit terwujud. Pasalnya, mekanisme pencairan dana di tingkat bank pelaksana belum sepenuhnya sesuai keinginan pemerintah dan harus segera dibenahi

    Beberapa bank meminta salah satu syarat jaminan bahwa sebuah usaha telah berjalan minimal selama dua tahun, sulit dipenuhi beberapa pengusaha mikro dan menengah

    Balas
    • Saya sendiri telah melakukan pinjaman dana ke Bank Bri anak cabang sibolga tepatnya pandan Tapanuli tengah.Agunan yang diminta oleh pihak Bank BRI unit pandan adalah BPKP motor saya, dan yang paling parah maksimal pinjaman modalnya hanya 5 juta rupiah.Nggak ada yang betul dinegara in.Semuanya hanya bohong belaka,dan hanya sebatas wacana.salam

      Balas
    • agustono

       /  Desember 14, 2010

      makanya pemerintah selalu mengawasi sudah sejauh mana program ia berjalan jangan hanya mengajukan program tapi program itu ditinggal begitu saja tanpa ada pengawasan yang berarti. itu pun jika pemerintah memang serius hendak menjalankan programnya. kalau masih setengah-setengah melayani masyarakat, bagus jangan jadi pelayan masyarakat.

      Balas
  9. Diaz

     /  Agustus 27, 2008

    Buat kementrian negara bidang koperasi, usaha kecil, mikro dan menengah !

    Alangkah baiknya tidak usah membuat dan menayangkan iklan di berbagai media massa mengenai bantuan kredit KUR kepada masyarakat, khususnya rakyat kecil agar tidak menganggur memiliki usaha, seperti yang di perankan oleh model di TV yaitu mat solar.
    Melihat dari iklan tersebut sungguhlah sangat menyesatkan dan mepermainkan rakyat kecil, seolah-olah rakyat kecil dapt menerima bantuan tersebut namun pada kenyataannya TIDAK BISA SAMA SEKALI, karena begitu rumitnya dan sulitnya dengan berbagai persyaratan2 yang sangat memberatkan rakyat kecil, salahsatunya saya ini yang sampai saat ini masih menganggur dan ingin memperoleh modal buat usaha namun TIDAK DAPAT MEMPEROLEHNYA !!
    Tolong dilihat kembali penayangan iklan tersebut agar sebaiknya DITIADAKAN saja !!
    Karena terusterang saja, setiap kali mengajukan KUR syaratnya harus memiliki usaha yang sudah berjalan sekurangnya 2 tahun.

    Sementara pengangguran semakin bertambah, kejahatan semakin merajalela akibat dampak tersebut dan pemerintah tidak mampu dan tidak bisa serta tidak sanggup mengatasinya, disisi lain program yang ditawarkan oleh pemerintah yaitu program KUR sangat MENYESATKAN dan TIDAK ADIL !!
    Kami sudah lama menganggur, cari kerja susah… mau buka usaha supaya dapat bantuan modal (KUR) sangat sulit dan rumit !!
    mbok ya jangan disusahkan lagi hidup dan keadaan kami !!

    Tolonglah utamakan kepentingan rakyat kecil, diluar masih banyak jutaan rakyat Indonesia yang mengganggur dan hidupnya sulit !!
    Masih adakah KEPEDULIAN, NURANI, PERHATIAN…di HATIMU kepada rakyat kecil seperti kami ini?

    Balas
    • Setuju kk,negara ini mah dari mulai nenek moyang ampe modern begini motifnya sama aja,MEMBODOHI MASYARAKAT KECIL.Mottonya,apa yang bisa kita perbuat untuk bangsa dan tanah air melainkan mari kita habisi negara ini.Wewwwwwww

      Balas
  10. habibi

     /  November 1, 2008

    assalamualaikum?
    aku sudah membaca posting kamu,tapi aku belum telalupaham tentang syarat-syarat kur,bisa minta tolong di e_mail ke aku?
    trimakasih ya sbelumnya.
    wassalamualaikum.

    Balas
  11. dicky

     /  Maret 19, 2009

    semoga saat2 menjelang pemilu ini, tidak dimanfaatkan oleh kepentingan politik semata..
    karena KUR hanya untuk rakyat,bukan untuk mesin politik

    Balas
  12. allan

     /  Maret 31, 2009

    semua itu bohong yach????

    Balas
  13. eko

     /  September 23, 2009

    blang nya dana kur untuk rakyat itu mungkin ada tapi dak sampai rakyat bapak presiden hanya diberi laporan aja datanya sih dari rakyat yang membutuhkan tapi rakyat nya dibilang dana tidak bisa disetujui tapi data nya jalan ke presiden tapi dana ke orang yang mengelola ,PRESIDEN HANYA DI AKALI AJA>

    Balas
  14. eko

     /  September 23, 2009

    YTH bapak PRESIDEN dana KUR saya SETUJU di HILANGKAN aja

    Balas
  15. kalau memeg KUR untuk usaha kecil ko di persulit dengan embel embel yg tidak masuk diakal walaupun itu sangan penting buat masarakat yg menbutuh kan jangan cuma ngomong buktikan dana KUR SBY sama masyarakat yg membutuhkan sekian dan trimakasi

    Balas
  16. aryo

     /  November 12, 2009

    dari iklan yang pernah saya dengar kalau KUR jaminan ditanggung oleh pemerintah itu disampaikan leh mentri koperasi setiap tayangan iklan tapi saat saya mau minjam saya dimintaki persaratan untuk pakai jaminan kalau pakai jaminan sama aja dengan tempat meminjaman yang lain nah saya mintak klaripikasi yang lengkap agar masyarakat awam bisa mengerti jelas dengan progarm yang mulia ini

    Balas
  17. eko

     /  November 23, 2009

    ya bagus dong klo BanK DANAMON punya progam tidak sulit yang di bayang kan aku tunggu telpon nya ya bank danamon . saya akan pinjam 15 juta hubungi no saya di 02470733981
    gitu ya rekan2 itu baru gak sulit

    Balas
  18. dwy agus

     /  Maret 12, 2010

    bank yg ditunjuk untuk penyaluran dana kur,sdh sy ajukan permohonan bantuan dana tapi sampai sekran tdk ada komfirmasi,syarat semuanya sdh disetujui tp janji sj katanya nanti disurvey,buang2 waktu sj sdh jauh lagi.

    Balas
  19. dwy agus

     /  Maret 12, 2010

    setelah meliat media,sy langsung mengajukan dana kur dibank yang dimaksud tp bank itu meminta jaminan seperti BPKB,kalau pun ada jaminan mending sekalian pinjaman besar…..!!!!!

    Balas
  20. vi-e

     /  Mei 31, 2010

    trus gman….? iklan nya benar atau tidak? mhon…. kejelasan nya.

    Balas
  21. DWI

     /  Juli 31, 2010

    DANA KUR…
    hmm…
    2thn yng lalu sy ajukan permohonan kur,namun ditolak karena usaha sy di bidang perikanan. alasannya, bgmn kl ikannya terserang penyakit?bgmn kl kbanjiran?apa yg akan dijadikan jaminan?
    Petugas bank mengatakan KUR tdk dberikan untuk agrobisnis n perikanan.
    lalu apa usaha rakyat dipedesaan?
    baru2 ini sy dengar KUR diperbesar hingga 20jt, dg syarat dipermudah tnpa janinan.
    setelah kenaikan BBM yng lalu sy benar2 sulit mengembangkan usaha sy krn keterbatasan modal sedangkn harga pakan dan benih naik 25%.
    aplgi jk pemerintah jadi menaikkn TDL.
    pasti benar2 membantu jika KUR seperti yg diiklankn di TV2.
    sy akan mencoba dan membuktikan esok, bualan atau nyata.
    semoga bkan janji manis seperti 2thn lalu.

    Balas
  22. MPI JUPRI

     /  Agustus 2, 2010

    kur di tempat saya sangat susah di dapat, syaratnya bertele tele,malah wajib kasih uang pelicin sama pegawai bank,kalau mau cepet cepet cair

    Balas
  23. holin geri

     /  Agustus 6, 2010

    pemerintah cuma banyak omonganya sampe sekarang dana tsb belum sampe ketangan kita, berkas permohonan kita hanya dijadikan hiasan dimejanya para direksi

    Balas
  24. RASHA

     /  Agustus 8, 2010

    Saya mengajukan pinjaman dana kur ke BRI UNIT KALIWUNGU KUDUS, dalam permohonan syaratnya hanya copy: KTP, KK, SERTIFIKAT RUMAH dan Asli SURAT KETERANGAN DESA. Setelah akan proses pencairan, saya diminta jaminan ASLI SERTIFIKAT RUMAH dengan nilai pinjaman yang disetujui hanya 3 JT Rupiah dari Maximal plafon kredit yang ditetapkan BRI hanya 5 JT Rupiah. Sungguh suatu KEBIJAKAN yang sangat-sangat IDIOT. Padahal pemerintah sudah memberikan jaminan, Untuk itu pemerintah harus turun tangan mengatasi hal ini. atau sebaiknya dana KUR DIHILANGKAN saja karena SANGAT TIDAK MEMBANTU, karena nilai kredit yang diberikan terlalu kecil, dan dengan syarat jaminan yang tidak masuk akal.

    Balas
  25. anto

     /  Agustus 14, 2010

    saya sudah coba datang ke Bank Jateng,
    CUKUP MUDAH, persyaratan NPWP dll di bantu pihak bank, di atas 5 juta jaminan sertifikat tanah, bila sertifikat bukan nama peminjam (masih atas nama orang tua) di notariskan (notaris datang saat pencairan) biaya 500 rb; ini yang jadi pertimbangan saya BATAL pinjam dg model KUR sementara masih ada biaya adminitrasi 300 rb-an & asuransi di atas 600 rb-an. Saya rencana pinjam 20-25 juta. Karena saya dapat dana dari ortu tanpa bunga TIDAK JADIi pinjam KUR.

    Lain lagi pengalaman istri saya di BRI Tawangmangu, Kra, Jateng.

    Sebenarnya tidak mendesak sekali untuk dapat tambahan dana, namun karena ada Program KUR dari pemerintah, mencoba pinjaman:
    Petugas Bank BRI sudah nemui istri saya, disurvei segala tempat usaha istri saya & melengkapi berkas.
    Namun lain hari petugas bank BRi tawangmangu memberitahu bahwa tidak bisa meminjamkan KUR karena katanya Nama istri saya tercatat di komputer (belum saya konfirmasi statusnya apa?). memang istri saya sebelumnya pinjam di BPR Tawangmangu dengan bunga tinggi 1,75%, itu karena menolong saudara jadi bukan untuk kepentingan sendiri & sudah dilunasi awal agustus 2010, selesai sesuai dengan jangka waktu pelunasan walau dulu pernah sekali 2 kali nunggak yang akhirnya bunga membengkak tapi bisa ditutup tepat waktu (karena saudara tidak titip/ setor angsuran).
    Bunga KUR di BRI tawangmangu 1 % untuk pinjaman 5 juta ke bawah, menurut saya masih tinggi untuk menolong UKM, lebih ringan di Bank Jateng bunga 0,6–% atau 14 %.
    # kalau seandainya alasannya karena istri saya pernah pinjam di bank, maka sepantasnya kenyataan bawah sampai Agustus 2010 KUR baru terserap 5% (TvOne), karena sedikit orang yang belum pernah pinjam bank.

    Mengecewakan Untuk BRI …

    Balas
  26. ARMAN, SP.

     /  Oktober 12, 2010

    Dengan Hormat,,
    kami sangat tertarik dengan adanya penyaluran Dana KUR yang diberikan kepada Petani. Kami ingin menanyakan, apakah bisa dana KUR tersebut dikelola untuk pengadaan Mesin RMU/ atau usaha rhabilitasi tanaman kelapa sawit. sebagai bahan informasi Kelompok tani yang kami bina memiliki luas lahan sawit 250 Ha, yang kondisinya saat ini sudah sangat memprihatinkan. terim kasih. Arman, SP. PPL WIBI Lampuawa Kec. Sukamaju kab. Luwu Utaraa.

    Balas
  27. TEGUH DOANK

     /  Oktober 15, 2010

    TINGGI MANA BUNGA KUR SAMA RENTENIR?

    Balas
  28. kalo untuk yang belom ada usahanya bisa ga ya…. misal buat pinjem dana 10 -20 juta gitu…. T_T) susah ya pinjem ke bank

    Balas
  29. mappanganro

     /  Oktober 15, 2010

    semua yg dikatakan diatas hanya falasi publik kenyataan dilapangan perbankan yg ditunjuk sbg penyalur msh membuat aturan yg berbelit dan mencari keuntungan sendiri,bahkan ada beberapa bank yg meminta agunan dgn alasan kredit macet pdhal NPL sdh turun mencapai angka optimis.terimakasih.

    Balas
  30. iwar

     /  Oktober 21, 2010

    mana syaratnya ko gak dijelasi dengan detil

    Balas
  31. rio ferdinan

     /  Oktober 22, 2010

    KUR hanya bagus di iklan, kenyatan prosesnya pinjamannya sama dengan kredit usaha umumnya, blom suku bunganya sama aja, jdi apa istemewanya program KUR,. atau alokasi dana dgn nilai trilyun hanya pembohongan publik aja,. katanya MOU,. kok pihak perbangkangkan malah ogah2an klo melayani para calon debitur KUR,. apa karena org miskin mgkin susah atau sangat kecil mendapat ongkos suap, apalgi karyawan BRI unit yg rata2 mafia klo mau mencairkan kredit usha

    Balas
  32. DWI MEISANTO

     /  Oktober 24, 2010

    UDA d’mintai agunan……pinjaman d\tawar juga oleh sang surveyor……
    kesan dana KUR d’tutup2’i oleh bank sangat kentara
    saat d’tanya nama pegawai yg mengurusi eh malah g mau jawab…
    sebenarnya ini bank apa tempat sembunyi dari pemohon DANA KUR
    PENGAJUAN DANA KUR 10 JUTA D\TAWAR 5 JUTA oleh tukang surveinya
    uda gitu surveinya bilang….”dana itu pribadi dari bank BRI mas bkn dari pusat….”’kok ngakalin banget y cara karyawan bank BRI tsb
    ini terjadi di ……..>>> BANK BRI cab paron KEDIRI-JAWATIMUR <<<
    MAKA DR ITU AKAN ADA BALANCE BILA ITU D\KONFIRMASI OLEH rekan2 WARTAWAN…..dan aq siap jd nara sumbernya

    Balas
  33. DWI MEISANTO

     /  Oktober 24, 2010

    yang kaya makin kaya…………itu benar adanya krn dana yg sharusnya bwt usaha micro malah jatuh k’tangan pengusaha yg sukses dan ta sharusnya dpt jatah dana kur… ada g badan/lembaga YANG MENGAWASI jalanya program ini agar pihak yg d’tunjuk sbg pengucur dana kur ga seenagnya sendiri,klo ada tlg d\tag d\forum ini

    PROGRAM KUR SBY MULIA…..NAMUN pelaksananya t seindah gaung DARI PRESIDEN NEGARA KITA INI……..

    Balas
  34. budi

     /  Oktober 26, 2010

    jgn2 dana kur dipakai utk kolega atau family dr bank yg menyalurkannya? memang sdh dr dulunya rakyat indo tetap miskin.!

    Balas
  35. saya adalah org desa yang dlm masa usaha peternakan sapi potong, namun terkendala oleh dana yang saya miliki, apakah saya bisa mendapat kan dana kur tresebut,
    tolong saya bagai mana saya bisa dapat dana kur tersebut?

    Balas
  36. wawan

     /  Oktober 29, 2010

    makanya kita doain aja bank bank tersebut selalu di rampok seperti kejadian perampokan berenjata di medan…aminn

    Balas
  37. saya nasabah BRI Unit Pandan, Berkomentar mengenai service KUR sangat memuaskan

    Balas
  38. Saya melihat kinerja BRI khususnya BRI Unit Pandan sangat memuaskan dalam pemberian Dana KUR, Baik persyaratan dan proses pencairannya. Selamat Sukses terhadap karyawan yang terlibat dalam bagian bidangnya.

    Balas
  39. Saya Nasabah BRI Unit Pandan mengucapkan terima kasih terhadap seorang pegawai BRI bag. Assisten Manteri KUR karena telah memberikan pelayanan yang baik terhadap proses pinjaman KUR.

    Balas
  40. evi alvian

     /  November 3, 2010

    Saya atas nama Assosiasi Pengusaha Kecil Garut selatan,ingin mempasilitasi anggota yang bergerak dalam bidang perdagangan dengan cara mengadakan kolektif ajuan kredit kpd perbangkan yg ditunjuk dalam penyaluran KUR,untuk mempermudah kinerja perbangkan kami hanya bertindak sebagai pasilitator yg menghubungkan antara pedagang dg bank, yg ingin saya tanyakan.apa saja persyaratanya untuk pendapatkan KUR??
    trimakasih

    Balas
  41. ada ga yah yg bisa ngasi modal bt orang yang mau membuka suatu usaha?skrng sih banya bank yg ngasih pinjaman tapi syaratnya usaha minimal uda 2 thn jalan. hemmmmmmmmmmm ribet bangaet,makanya indonesia banyak pengangguran. wirausaha di indonesia krng banget,coba liat cina dimn2 ada pengusaha keturun cina.

    Balas
  42. syfril

     /  November 4, 2010

    saya punya usaha foto copy.tadi saya mau ngajuin pinjaman KUR 5 jt , dengan membawah (fotocopy dan aslinya) ktp,kk,buku nika,foto suami istri,surat keterangan usaha dari desa. kenapa pihak bank masih meminta anggunan BPKB motor saya? padahal KUR tanpa anggunan? dan proposal saya di tolak. dalam hal ini saya minta penjelasan secepatnya.dan tolong terangkan ketentuan meminjam.

    Balas
  43. PROGRAM KUR……? Masyarakat sangat berharap dengan KUR taoi kenyataannya…….? apakah ORDE BARU lebih bijak dari pada sekarang? memang ada korupsi tapi hanya segelintir saja tapi sekarang darah rakyat lebih dihisap lagi dari berbagai sumber. semoga negara ini lebih baik lagi dan semoga para koruptor tidak bisa mati sampe hari akhir karna dunia ada batasnya> aku membaca keluhan mereka aja dah mrinding gimana ya tabggubg jawab para pejabat kepada Allah nantinya semoga di balas dengan adil. Bahagiakan mereka di dunia ya Allah dan siksa selama lamanya di akherat kelak AMIN
    Salam buat para pejebat negara semoga sukses………..?AMIN

    Balas
  44. Ujang

     /  November 5, 2010

    Saya sendiri mengalaminya. Istri saya mengajukan pinjaman utk menambah modal warung, kata fihak bank, bisa asal sudah berjalan selama 6 bulan. Ketika surveyornya datang, ada aja alasannya. Karena saya punya pinjaman ke bank lain lah dan kartu kredit. Padahal itu murni usaha istri saya. Setelah menunggu 2 minggu (itu pun karena istri saya telpon), kata fihak bank, usahanya harus berjalan minimal 1 tahun ! Kenapa ga bilang dari awal ? Lalu krn penasaran, 2 hari yg lalu saya dan istri saya datang ke BRI cabang tsb dan memberikan agunan akta tanah rumah kami, tapi tetap ditolak. MAUNYA BANK ITU APA SIH ? Ga diberi agunan salah, diberi agunan pun ditolak ? Jangan ngobral janji doang deh bagi rakyat kecil.

    Balas
  45. SAYA MAU MUNTAH SETIAP DENGAR KATA “PEMERINTAH” APALAGI KALAU LIHAT GEDUNG2 INSTANSINYA, TRLIHAT SEPERTI GUNUNG TAEK.

    Balas
  46. R.SUMBI

     /  Desember 5, 2010

    KUR…KUR…May… May…. Program Pemerintah ini Emang Bagus didengar dan di….. tapi Prakteknya dilapangan jauh panggang dari api. Pihak Bank masih Pilih Kasih dalam memberikan KUR ini. Tidak Semua Masyarat dilayani hanya Famili Pegawai Bank yang diutamakan Masyarakat Umum diterima tapi nasib berkasnya ditempat sampah.anehnya lagi masih diminta jaminan khan kita tahu KUR sudah diasuransikan Pemerintah ke ASKRINDO sebesar 80%. apalagi alasan Bank Untuk Pilih Kasih. Realisasikan saja Permintaan Masyaratkat Kita kalau memenuhi syarat.

    Balas
  47. rhasel

     /  Desember 16, 2010

    KUR….

    KEBOHONGAN UNTUK RAKYAT

    TEMBAK MATI SAJA PEMERINTAH dan PERBANKAN YG BERCANDA DGN KEHIDUPAN MANUSIA.

    KEHIDUPAN MANUSIA UNTUK DIPERMAINKAN… PANTAS NEGARA INI GA BISA MAJU.

    KARNA ADA ORANG2 yg HAMPIR SEMUANYA KORUPSI dan TIDAK TAKUT AKAN TUHAN

    Balas
  48. saya adalah org desa,,,,,,,,,,,
    mempunyai bengkel d kampung,,,,,,,,,,,
    bengkel saya dah bergerak lebih 3 than,,
    tp ydk ada perubahan/pningkatan……….
    ne smua faktor dana lemah,,,,,,,,,,,
    tlang jg saya,,,,,,,,,,,
    bagai mana bisa mendpatkan dana kur ini,,,,,,,,,,,,,,

    Balas
  49. kalau bank selalu memakai jaminan maka, rencana pemerintah tuk menjangkau masyarakat kecil memnjadi kian sulit. disini kelihatan bahwa bank lebih akan mementingkan program pinjaman bank ke masyarakat yaitu pinjaman tanpa agunan mereka dengan bunga yang tinggi sekitar 1.5-2% sebulan. usul saya, mending pemerintah ga usah pake bank tuk menyalurkan dana KUR ini. kan bisa melalui kantor pos, atau lembaga pendanaan lainnya. emang ini kelihatan agak aneh tp, toh melalui bank maka bukan kepentingan pemerintah ke rakyat yang di pentingkan melainkan kepentingan Bank itu sendiri.

    sungguh ironis, disisi lain pemerintah ingin mengentaskan pengangguran tp susah untuk membuka lapangan kerja, kalu pun ada penerimaan karyawan pns ujung2nya akan kkn seperti yang terjadi di beberapa daerah, dan disisi yang lain rakyat ingin berusaha dengan mandiri melalui wirausaha ehhhhh malah datang bank sebagai penyensara, mempersulit keadaan.

    ohhhh bank…..ohhhh bank toyibbbbbbbbb

    Balas
  50. fauzy

     /  Februari 5, 2011

    Betul…betul. KUR = Program setengah hati. Kenapa? pinjaman kok harus ada agunan…boro-boro punya agunan mikir makan aja susah…

    Balas
  51. valentino de rari

     /  Februari 26, 2011

    KUR,UNTUK ORANG KAYA TIDAK TAKUT KREDIT MACET KARENA ADA PELICIN TERHADAP ORANG YANG DATANG SURVEY,TAPI SANG JELATA….APA YG DIA DAPAT HANYA JANJI DAN KESULITAN YNG DIPEROLEH….MALAH SAAT INI SY SENDIRI AMBIL UANG DARI BANG KELILING YANG TAGIHANNYA HARIAN,TERNYATA GA MANDEK TU WALAU BUNGA SELANGIT……!!!!!! SAYANGNYA PIHAK BANK TERLALU TAKUT KALO KALO KREDIT MACET YNG DILAKUKAN OLEH SANG JELATA….PADAHAL KALO DIHITUNG HANYA 5 JUTA…BANK PUN GA RUGI…….HERAN NEGARA INI……..RAKYAT KECIL TETAP DIPERSULIT TAPI PENGUSAHA DIUTANGI TRILIUNAN…..PAJAK DIMAKAN……DPR JALAN JALAN ……RAKYAT DIMANFAATI……

    Balas
  52. KUR…KUR…KUR. Begitulah iklannya, bagus iklannya tak sebagus implementasinya. Saya pernah mencoba bertanya ke BNI SumberArtha bekasi, saya bertanya Tentang kur tapi katanya harus pake jaminan, sudahlah omong kosong tanpa jaminan itu hanya membohongi rakyat.

    Balas
  53. valentino derari

     /  Maret 20, 2011

    KUR……..RRRRRRRRRRRRRRRR…….LAYAKNYA PADUAN SUARA…UNTUK PEJABAT DAN YNG EMPUNYAI JAMINAN…..KATA PIHK BANK HARUS HATI HATI MAKANYA PAKE JAMINAN WALAU IKLAN DANA KUR DI BAWAH 5 JUTA TANPA AGUNAN……FAKTANYA MINIMAL BPKB MOTOR..ITUPUN MOTOR BARU…..
    BAGI JELATA KUR.,…..HANYA SEKEDAR IKLAN PEMANIS ….SAAT AJUKAN PINJAMAN 5 JUTA KUDU PAKE…BPKA…ITU TERJADI DI BANK BRI CABANG CIMANGGIS….
    TAPI BAGI PEJABAT UANG NEGARA BUAT STUDI BANDING …BANDING KEBODOHAN DAN KEBOBROKAN ……BANDING KEKAYAAN DAN HARTA…….TAPI SANG JELATA…..BIARKA SENGSARA…
    APALAGI UNDANG UNDANG MENGATAKAN FAKIR MISKIN DAN ANAK TERLANTAR DIPELIHARA…( DIPELIHARA ) OLEH NEGARA…..JADI PEMBIARAN SIMISKIN DAN ANAK TERLANTAR ITULAH PENGERIAN PEJABAT TERHADAP BUNYI UUD ITU…..
    SAYA TULIS INI KARENA MERASA KESAL KESAL KARENA SAAT MENGAJUKAN DANA KUR DI BRI CABANG CIMANGGIS SYARAT SY LENGKAPI…NAMUN TANPA SURVEY TEMPAT USAHA APLIKASI SY DITOLAK DENGAN KALIMAT TERAKIR KAMI HARUS HATI HATI…MEMANGNYA SAYA INI PENIPU DAN MALING KAYA PEJABAT YANG SERING KORUPSI UANG RAKYAT…..??????
    ISTRI KORUPSI SUAMI DI GEDUNG DEWAN….SEBALIKNYA SUAMI KORUPSI ISTRI DIGEDUNG DEWAN……SUSA NANGKAP ..WALAU PUNYA RUMAH YANG JELAS…..SY HANYA KONTRAKAN….BANK MENGATAKAN HARUS PEKE JAMINAN BPKB SY PUNYA MOTOR DAN SY BERSEDIA TAPI SYANG UANG 5 JUTA MEMANG GA SEPADAN DENGAN MOTOR LEGENDA 2 THN 2002 TAPI, SY RASA JELATA TAKUT UNTUK TIDAK BAYAR….MAU LARI KEMANA GA PUNYA CUKUP UANG UNTUK KABUR KE LUAR NEGERI PALING KE LUAR DAERAH ITUPUN KALAU NIAT JAHAT…..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    KURRRRRRRRRRRRRRRRRRRKURRRRRRRRRRRRR…….BEGITU SUSA UNTUK SANG JELATA………………

    Balas
  54. valentino derari

     /  Maret 20, 2011

    UNTUKI WARTAWAN YANG MAU DIJADIKAN SY SEBAGAI NARA SUMBER,TENTANG GA ADA NIAT BAIK PIHAK BANK BRI,CABANG SIMANGGIS SY BERSEDIA JADI NARA SUMBERNYA…..
    SY DI JL. GUDANG BI. TEMPAT USAHA SAYA VMART-PENJUALAN ACCESORIES HP SYSTEM MEMBER…..DAN CERVICE HP…..SELAMA INI SY PINJAM UANG DARI BANK KELILING

    Balas
  55. sy pernah mengikuti program kur untuk tetangga saya, tapi ad pihak yang mengatakan bahwa dana kur adalah dana pemerintah yang tdak prlu dikembalikan. tetapi saya pikir lagi pihak pengaju melampirkan jaminam akte tanah, pastinya bila pembayaran kredit tidak benar pasyi jaminan akan disita bank dan apa benar 30% dari dana kur yang diterima oleh pihak yang bersangkutan mrupakan hak dari kelurahan. setahu saya dana kur sepenuhnya hak dari pihak yang mengajukan tanpa ad pihak lain yang memotong/merasa berhak atas berapa %pun dari dana yang cair. dan ap boleh ad perantara untuk pengajuan kur?

    Balas
  56. ACHMAD SANTOSO

     /  Maret 24, 2011

    ASSALAMU’ALIAKUM WR.wB
    SAAT INI SAYA SEDANG MERINTIS USAHA KOPERASI,SEIRING BANYAKNYA NASABAH SAYA MEMBUTUHKAN MODAL TAMBAHAN.
    SAAT INI USAHA SAYA MENGALAMI PROGRES YG CEPAT,DALAM WAKTU 2 BULAN 3 MINGGU SAYA MENDAPATKAN LABA Rp 7.500.000,00
    tapi menurut informasi usaha harus berdiri minimal 6 bulan,sedangkan saya membutuhkan sekarang itu modal.
    mohon solusinya…

    Balas
  57. Chacha

     /  Maret 28, 2011

    tolong info untuk mendapatkan KUR tanpa anggunan,,dan dmn bisa didapat,,,,karena saya pernah dengan susah payah keliling bank,,yang katanya tanpa anggunan,,tapi ternyata pas saya mau mengajukan harus pake anggunan juga…terima kasih…

    Balas
  58. KUR tai anjing , katanya gak pake jaminan, tapi nyatanya omong doang

    Balas
  59. gunawan

     /  Mei 6, 2011

    ahmad gunawan parung bogor, 087877842669.
    mu bikin studio musik, baru ade tanah dan uang bat bangunan, masih kurang buat bli alat2 musik 40jt an. bisa sya mengajukan pinjaman…???????? at ada yg mu kerjasamasamasama?? omset per bulan 6 at 7 jtan taon dpan pasti lbih dari 10jtan..

    Balas
  60. heru

     /  Mei 31, 2011

    wah boleh nuh…buat modal kawin..tapiiiiiiii…sapa yg mau ma gw yaaa… :(

    Balas
  61. dian

     /  Juni 6, 2011

    tadinya saya sangat tertarik dengan iklan kur tapi begitu liat komentar2 yang ada kok pada negatif semua, saya jadi ga yakin dengan niat pemerintah. lagian kalo syarat pinjam kur harus punya jaminan ya sama juga boong. kalo punya jaminan tanah atau harta lainnya ya ga usah pinjam kur dong mendingan ggua jual aja tanahnya trus pake deh buat modal daripada pinjam sama lintah darat (bank/ga ada bedanya)…. bunga mencekikkk!!! SBY sadarlah berhentilah menebar pesona, rakyat butuh bukti bukan janji gombal!!!! jangan jadikan kemiskinan rakyat sebagai komoditas politik, kuaaalaaaaat!

    Balas
  62. ellenvina

     /  Juni 7, 2011

    indonesia2 kadang aku sedih lahir dinegara seperti ini,katanya dngn dana kur bisa mempermudah perekonomian ucapan yg kau ucapkan sngt manis,janji kerakyat yang kau berikan hanya kilasan semata,rakyat kecil semakin terbengkalai,para korupsi udah ditaha oleh kpk tapi sayang smua itu tidak terasa oleh rakyat.ya allah aku ingin perang negara ini biar semua orang kaya merasakan gimana arti sebuah kehidupan bagi rakyat kecil.tolong jangan umbar iklan ditv dengan manis kerakyat kecil kalau akhirnya untuk memperbodoh rakyat kecil.terkutuklah orang yang membodohi rakyat kecil…………allahu akbar

    Balas
  63. ahmad chef

     /  Juni 18, 2011

    KUR boong-boongan belaka,setuju unuk di leburkan

    Balas
  64. tlng jgn buat kahayalan orang miskin yg mau buka usaha kecil2an, mana da jaman skarang pinjaman tanpa anggunan, BUKTIKAN AJA ,mana da orang atas perhatikan kaum miskin yg mau berusaha dan membuka usaha khayalan belaka bukan dana KUR lagi tapi Rakyat kecil KURang beruntung Yang maju Orang Atas REAL

    Balas
  65. reno

     /  Juni 26, 2011

    intinya lau niat membantu sebaiknya jangn di persulit buat orang kecil yang emang sudah sulit hidupnya, trims

    Balas
  66. hafizh

     /  Juni 30, 2011

    kabar baik yang butuh usaha
    informasi bagus bagi yang mau punya penghasilan 850ribu/hari – 12juta/hari
    dibayar harian , mudah ,tidak ada syarat-syarat , langsung di transfer , bagi yang mau akan dapat 3 solusi :
    – solusi kesehatan
    -solusi penghasilan
    -solusi persahabatan dan juga kepemimpinan

    bagii yg berminat silahkan komentar , tao hubungi saya :)

    Hafizh : 085694078470

    Balas
  67. Rhy

     /  Juli 1, 2011

    Saya anak muda yang ingin mandiri..
    tapi saya perlu modal untuk membuka bengkel apakah saya bsa mendapatkan bantuan dari dana KUR tersebut?

    Balas
  68. DWI MEISANTO

     /  Juli 17, 2011

    yach emang uda pakemnya hak untuk rakyat kecil jadi santapan tambahan bagimreka yang jelas2 tau aturan dan ketentuan aliran dana kur…petugas kur yang seharusnya menjelaskan kepada pemohon kur malah berdalih ”ini perintah atasan saya hanya bertugas melaksanakan saja”
    mereka (oknum petugas-red) seenak hatinya mengelabuhi rakyat kecil (pemulai usaha) dg olahan kata2 mreka yang manis namun sadis…sedangkan mreka yg g bgitu tau ketentuan justru patuh dengan angsuran tiap bulanya dan begitu telat angsuran 3hari aja petugas tsb membesar-besarkanya ampae d’ancam g akan dpt pinjaman PROGRAM KUR yg d’CETUSKAN PRESIDEN KITA…..ALANGKAH MALANG GARUDA2 MUDA NEGARA INI….punya sejuta karya namun terbelenggu oleh BABU BABU negara yg seolah mrekalah yg jadi rajanya…..INGATLAH PENDAPATAN PERKAPITAL RAKYAT KECIL JADI PENENTU PEREKONOMI NEGARA TERCINTA INI D’LEVEL DUNIA

    Balas
  69. DWI MEISANTO

     /  Juli 17, 2011

    MAU D’BAWA KEMANA DANA KUR ITU OLEH PENYALUR RESMI BENTUKAN PRESIDEN KITA…
    APA MAU KAYA LUMPUR LAPINDO….UDAH KAYA,DAPAT KREDIT LUNAK,UJUNG2NYA NYUSAIN RAKYAT KECIL JUGA WKKKKKKKKKKK…..

    Balas
  70. beni johor

     /  Agustus 18, 2011

    omong kosong sama aja boong,kur banyak mafianya

    Balas
  71. yulya

     /  Agustus 23, 2011

    yang mana benar dan yg mana salah tentang pengadaan dana kur…? kok uangnya rakyat mash diperbelit…dan sosialisasi jg kurang…bagaimana rakyat bs mendapatkan kemudahan!!!!!!!!

    Balas
  72. istiqomqh

     /  September 11, 2011

    assalamu’alaikum…., tidak mudah untuk mendapatkan dana kur, saya punya usaha yg jelas keberadaanya , nyatanya selalu di persulit..

    Balas
  73. edhokhan@yahoo.com

     /  September 12, 2011

    apa yang menjadi program pemerintah itu sebenarnya baik dan sangat membantu tetapi dalam pelaksanan dilapangan tidak beda dengan main sepak bola bahwa kekuasaan ada di tangan wasit dan haki garis kenapa begitu, sebagai ilustrasi saya dibanjarmasin sebagai orang kecil yang punya mimpi dan cita-cita untuk mendapatkan hidup layak dan wajar sesuai dengan hak warga negara yang tercantum dalam Pancasila dan UUD 45 yaitu sila kelima dari pancasila. Namun apa didapatkan semua itu hanya mimpi dan angan-angan semu, umtukmendapatkan KUR tidak mudah dan sangat sulit, sesuain dengan wong cilik itu enggak punya apa hanya kerja keras dan kejujuran yang dimiliki, kalau ingin dapat anda harus punya ANGGUNAN itulah yang terlontar dari bibir manis pengawai bank,, jangankan untuk jamiinan untuk usaha saja senin kamis jadi penyaluran KUR itu hanay untuk orang tertentu dan membuat kaya para Bankir baik dikalagan swasta dan pemetrintah juga dan ujung-ujung rakyat kecil yang harus membayar kepada pemerintah anda harus jelas menentukan syarat-syarat dan pengawasan yang melekat kepada para bank yang diberikan amanat untuk membantu rakyat, saya hanya bisa berdoa agar para pemimpin itu diberikan hati yang murni dan tak tergolong manusia yang hanya berlindung dibalik topeng kebajikan sebenarnya kemunapikan yang di pertontonkan dan dilegalkan oleh sang penguasa dan pengusaha, semoga apa yang aya tulis ini ada manfaatnya bukan seperti angin malam saja yang berlalu begitu saja.

    SYAMSIR
    banjarmasin

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: